PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII DI MTs PLUS DARUL ULUM REJOSO TAHUN AJARAN 2017/2018

Risa Dwi Ristianingrum, Esty Saraswati Nur Hartiningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaraan  kooperatif  tipe  circuit  learning  materi bangun  ruang kelas VIII di MTs Plus Darul Ulum Rejoso tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian  yang digunakan  adalah penelitian  quasi  eksperimental  dengan  desain  penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Plus Darul Ulum Rejoso yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII F yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan pemberian tes dan instrumen penelitiannya menggunakan lembar tes. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai Sig(2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan ( 0,026 <   0,05 ), maka Ho  ditolak artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning kelas VIII di MTs Plus Darul Ulum Rejoso.

Kata  Kunci  :  Model  Pembelajaran  Kooperatif  Tipe  Circuit  Learning,  Hasil  Belajar matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i2.739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/