PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE-NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Sukarlin Budi Astutik

Abstract


Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif sangat penting, model pembelajaran Kooperatif tipe-Numbered Head Together (NHT) lebih mengedepankan pada keaktifan siswa sehingga konsep dasar matematika benar-benar dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkataan hasil belajar dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe-Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan persegi dan belah ketupat.  Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Wonosari sebanyak 36 orang yaitu 20 siswa putra dan 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tahap 2 siklus. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan, pemberian tindakan kelas, observasi, serta refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada setiap siklus. Dan data  hasil observasi aktivitas siswa pada setiap siklus. Hasil peningkatan hasil belajar yang dicapai setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe-Numbered Head Together (NHT)yaitu: siklus I jumlah siswa yang menguasai materi persegi dan belah ketupat sebanyak 14 siswa (38,9%),  sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang menguasai materi persegi dan belah ketupat sebanyak 32 siswa (88,9%), Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi persegi dan belah ketupat dapat meningkatkan hasil belajarsiswa.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe- Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i2.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/