PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEMS DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

Dewi Nur Lita, Umi Noer Qomariyah

Abstract


Kurikulum 2013 merupakan kurikulum dengan pola pembelajaran berpusat pada siswa. Pola pembelajaran ini menyebabkan guru harus berupaya untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai pandangan konstruktivisme. Model pembelajaran yang menganut pandangan konstruktivisme antara lain model pembelajaran open ended problems dan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VII antara yang menggunakan model pembelajaran open ended problems dan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sehingga dapat dideskripsikan manakah model pembelajaran yang lebih baik untuk digunakan pada materi himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan desain eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data dengan Independent Sample Test, diperoleh nilai t hitung lebih dari t tabel (2,057 > 1,99897), artinya ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VII antara penerapan model pembelajaran open ended problems dan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di SMPN 4 Kota Mojokerto. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai tes hasil belajar siswa kelas VII-E yang lebih tinggi daripada kelas VII-H. Selain itu, berdasarkan perbedaan kedua model pembelajaran yang ditinjau dari proses penerapan model pembelajaran saat di sekolah menunjukkan bahwa model open ended problems lebih baik untuk diterapkan pada materi himpunan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran open ended problems lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk diterapkan pada siswa kelas VII SMPN 4 Mojokerto tahun pelajaran 2017/2018 pada materi himpunan.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Open Ended Problems, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i2.741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/