PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Royal men

Abstract


Untuk mengajar di kelas yang jumlah peserta didiknya 34 anak laki-laki, cukup berat dilakukan jika hanya dengan menggunakan metode ceramah apalagi terdapat tipe peserta didik yang proaktif di kelas tersebut. Tidak tertuju hanya dengan mengubah kebiasaan guru dalam mengajar, tetapi model pembelajaran secara utuh juga harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kooperatif peserta didik kelas X-TPm selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X-TPm SMK Negeri Kudu yang berjumlah 34 anak laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara untuk mewawancarai guru terhadap masalah yang dihadapi di kelas, lembar observasi aktivitas belajar untuk mengamati aktivitas belajar peserta didik yang dilakukan dengan cara memberikan tanda ceklist (Ö) pada kolom skala penilaian jika deskriptor yang dimaksud teramati dan lembar soal untuk mengetahui hasil belajar kooperatif peserta didik.

Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus dimana setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan maka diperoleh hasil penelitian yaitu: persentase aktivitas belajar peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada akhir siklus I yang termasuk kriteria aktif sebesar 17,65%, cukup aktif sebesar 64,71% dan kurang aktif sebesar 17,65%. Sedangkan di akhir siklus II sudah mengalami banyak peningkatan, yang termasuk kriteria aktif sebesar 58,82% dan kriteria sangat aktif sebesar 41,18%. Untuk rata-rata hasil belajar peserta didik pada akhir siklus I sebesar 76,76 dengan persentase klasikal 64,71% dan rata-rata di akhir siklus II sebesar 86,47 dengan persentase klasikal 88,24%. Sehingga aktivitas dan hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan terh


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/