MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DI MAN 6 JOMBANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Royal men

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi matriks kelas X-B MAN 6 Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa, pada siklus I aspek memperhatikan penjelasan 70,8%, aspek diskusi 68,3%, aspek tanya jawab 65,0% dan membuat kesimpulan 68,3%, rata-rata hasil belajar matematika siklus I sebesar 76,03 ketuntasan klasikal 70%. Siklus II aspek memperhatikan penjelasan 82,5%, aspek diskusi 75,0%, aspek tanya jawab 76,7%, dan aspek membuat kesimpulan 69,2%, rata-rata hasil belajar matematika siklus II sebesar 85,07 ketuntasan klasikal 86,67%.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/