PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-HIKMAH JANTI

Royal men

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan maksud menerapkan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIIB di MTs Al Hikmah Janti dengan subjek penelitian adalah siswa yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Data-data yang diambil yaitu aktivitas guru, aktivitas  siswa, dan nilai hasil tes siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, pengambilan data  hasil belajar siswa yaitu melalui tes pada siklus I dan siklus II serta data hasil observasi guru dan siswa pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus di peroleh hasil penelitian bahwa persentase aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah adalah 85,42% pada siklus I dan dikategorikan aktif menjadi 91,67% pada siklus II dan dikategorikan aktif. Presentase aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah adalah 58,33% pada siklus I dan dikategorikan cukup aktif menjadi 77,08% pada siklus II dan dikategorikan aktif. Hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 71,11. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 85,38. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/