PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MTsN DENANYAR

Royal men

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian eksperimen, Penelitian eksperimen merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subyek selidik. Dengan populasi siswa kelas VIII MTsN Denanyar Jombang, sampelnya adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII H yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen.Hasil analisis data penelitian diperoleh hasil perhitungan dengan bantuan  SPSS 16 for windows, thitung adalah 7,017 dengan df 69 maka dapat dilihat di tabel distribusi t di lampiran untuk  adalah 1,99495. Jadi dapat dinyatakan bahwa  > 1,99495    ditolak. Hal ini berarti nilai  tidak berada di daerah penerimaan . Karena nilai  lebih besar dari nilai  maka  ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell terhadap hasil belajar matematika MTsN Denanyar.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/