PENGARUH PENDEKATANPENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK(PMR) PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIKDI KELAS X MAN JOMBANG

Royal men

Abstract


Mata pelajaran matematika merupakan kepentingan dalam dunia pendidikan, itulah sebabnya guru seharusnya memiliki cara untuk menarik minat peserta didik. Penggunaan metode konvensional merupakan cara yang cepat dalam pembelajaran matematika, namun kurang menarik bagi siswa sehingga kurang memunculkan minat peserta didik yang pada akhirnya sangat mempengaruhi hasil belajarnya. Itulah sebabnya peneliti memilih pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan tujuan untuk mendeskripsikanpengaruh pendekatan PMRterhadap ‎hasil belajar matematika peserta didik ‎di kelas X MAN 1 Jombangtahun ajaran 2014/2015 pada materi bangun ruang.Jenis penelitian ini adalan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana.Hasil analisis data dengan menggunakan SPSS 20 menunjukkan uji-tdidapatkan Thitung 3,154 dengan nilai signifikan 0,004 dibawah standart signifikan 0,05 berarti Haditerima maka ada pengaruh. Dengan ditunjukkan pada tabel model summary dimana Rsquare sebesar 0,227, berarti besarnya pengaruh pendekatan PMR termasuk rendah sebesar 27,7%.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/