HAMBATAN MAHASISWA DALAM MEMBANGUN BUKTI MATEMATIS BERDASARKAN KERANGKA TOULMIN
Abstract
Sebagai salah satu bentuk dari penalaran, pembuktian merupakan kompetensi yang dibutuhkan oleh seorang calon guru matematika. Namun, pada kenyataannya membangun bukti seringkali sangat sulit dilakukan oleh calon guru. Penalaran yang mereka lakukan masih bersandar hanya pada penalaran induktif yaitu memperhatikan beberapa contoh kasus. Kesulitan dalam membuktikan dapat terjadi karena adanya hambatan dalam proses penalaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan hambatan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang dalam membangun bukti matematis berdasarkan kerangka argumen Toulmin.Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdeskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dan dilengkapi dengan lembar tes serta pedoman wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis tiap komponennya berdasarkan kerangka kerja Toulmin.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan dialami oleh subjek pada beberapa komponen dari kerangka argumen Toulmin. Sebagian besar subjekdalam penelitian ini juga kesulitan menemukan contoh penyangkal ketika diminta mengevaluasi suatu pernyataan. Selain itu, beberapa subjek tidak dapat mengidentifikasi komponen data dalam argumen yang dibangunnya.
Kata Kunci: Bukti Matematis, Penalaran Matematis, Argumen Toulmin
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v6i2.871
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/