APERSEPSI DALAM PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KESIAPAN DAN HASIL BELAJAR

Umi Hanik, Nawang Wulan, Mutmainah .

Abstract


Sebagai salah satu unsur dalam kegiatan pembelajaran, apersepsi sering kali diabaikan keberadaannya. Dengan memberikan apersepsi dalam kegiatan pembelajaran diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap kesiapan dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes dan dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial melalui t-test dua sampel independen. Sedangkan teknik pengambilan data dengan angket dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) kesiapan belajar kelas eksperimen dan kontrol dalam kategori sangat baik, dan 2) pengujian hipotesis melalui t-test sampel independen menunjukkan bahwa thitung < ttabel (-1,2801 < 1,7139) sehingga memberi arti bahwa H0 diterima dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pemberian apersepsi dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Sekolah Dasar Universitas Trunojoyo Madura.

Kata Kunci: Apersepsi, kesiapan belajar, dan hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v6i2.872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/