PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN PESANTREN TEMBELANG JOMBANG MELALUI PERMAINAN DAKON
Abstract
Membelajarkan konsep matematika tentang operasi penjumlahan bilangan bulat pada siswa Kelas I memang tidak mudah. Sering kali siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, tanpa dibantu media konkrit untuk menghubungkan daya pikir siswa terhadap materi. Anak usia 7 tahun sampai dengan 11 tahun berada pada tahap operasional kongkrit. Sehingga untuk memahamkan konsep penjumlahan dan pengurangan diperlukan media atau alat peraga. Salah satunya yakni dengan menerapkan permainan dakon guna memotivasi belajar dan memahamkan konsep matematika.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: planning, acting, observing, dan reflecting. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Pesantren Tembelang Jombang. Hasil penelitian pada pembelajaran operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan permainan dakon dapat meningkatkan aktifitas guru, yang awalnya pada siklus I hanya 67% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Demikian halnya dengan aktifitas siswa, yang awalnya siswa kurang aktif menjadi aktif. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan dari siklus I 68% menjadi 88% pada siklus II. Peningkatan aktifitas tersebut berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar 58% Pada siklus I dan meningkat menjadi 92% pada siklus II. Siswa antusias mengikuti pembelajaran dengan permainan dakon. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berupa permainan dakon dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas ISDN Pesantren Tembelang Jombang tahun ajaran 2017/2018
Kata Kunci: hasil belajar, aktivitas belajar, permainan dakonFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v6i2.873
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/