PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN PESANTREN TEMBELANG JOMBANG MELALUI PERMAINAN DAKON

Artining Wahyu

Abstract


Membelajarkan   konsep   matematika   tentang  operasi   penjumlahan   bilangan bulat   pada   siswa  Kelas   I memang   tidak   mudah. Sering kali siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, tanpa dibantu   media   konkrit   untuk   menghubungkan   daya   pikir  siswa terhadap   materi. Anak usia 7 tahun sampai dengan 11 tahun berada pada tahap operasional kongkrit. Sehingga untuk memahamkan konsep penjumlahan dan pengurangan diperlukan media atau alat peraga. Salah   satunya   yakni   dengan   menerapkan permainan dakon guna memotivasi belajar dan memahamkan konsep matematika.Penelitian  ini   menggunakan   penelitian   tindakan   (action   research)   sebanyak   dua putaran.   Setiap   putaran   terdiri   dari   empat   tahap   yaitu: planning,   acting,   observing, dan reflecting. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Pesantren Tembelang Jombang. Hasil  penelitian  pada   pembelajaran   operasi   hitung   penjumlahan   bilangan bulat dengan permainan dakon dapat meningkatkan aktifitas guru, yang awalnya pada siklus I hanya 67%   pada   siklus   II   meningkat   menjadi   80%.   Demikian  halnya   dengan   aktifitas siswa, yang awalnya siswa kurang aktif menjadi aktif. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan dari siklus I 68% menjadi 88% pada siklus II. Peningkatan aktifitas tersebut berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar 58% Pada siklus I dan meningkat menjadi 92% pada siklus II. Siswa antusias mengikuti pembelajaran dengan permainan dakon. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berupa permainan dakon dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas ISDN Pesantren Tembelang Jombang tahun ajaran 2017/2018

Kata Kunci: hasil belajar, aktivitas belajar, permainan dakon

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v6i2.873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/