EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO PADA MATERI BANGUN RUANG DI SMA KREMBUNG SIDOARJO

Ririn Febriyanti, Rifa Nurmilah

Abstract


Salah satu cara adalah memadukan antara model pembelajaran kooperatif dengan  media pembelajaran, khususnya dengan media microsoft power point. Pada software ini terdapat animasi yang bias menampilkan berbagai bentuk yang tidak tersedia secara nyata, sehingga memudahkan siswa dalam memahami suatu materi pelajaran. Animasi ini berhubungan dengan materi bangun ruang pada kelas X SMA yang membutuhkan objek yang nyata.Penelitian bertujuan 1).menjelaskan efektivitas pembelajaran kooperatif tipe the power of two, dan media microsoft power point pada materi bangun ruang, 2). untuk menjelaskan apakah hasil belajar yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe the power of two dengan media microsoft power point lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran yang lainnya untuk materi bangun ruang. Peneliti menggunakan tiga lembar observasi yaitu observasi aktivitas siswa,  angket pengelolaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Setelah tes hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t dengan  diperoleh  sehingga diperoleh  ditolak. Hal ini berarti  terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe the power of two dengan media microsoft power point dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran yang lainnya untuk materi bangun ruang.

 

Kata kunci: Efektivitas, pembelajarankooperatif tipe the power of two, bangun ruang

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v3i2.913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/