PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Indah Prasetya Ningsih

Abstract


Penerapan metode ceramah dalam proses belajar mengajar  menyebabkan peserta didik kurang aktif sehingga kemampuan pemahaman materi peserta didik  kurang optimal dan masalah tersebut perlu dicarikan solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan teknik pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada peserta didik kelas VIII MTs Darussalam Jombang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I  dan siklus II. Peneliti memperoleh data dengan cara observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas dan lembar tes.  Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIIB MTs Darussalam Jombang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata persentase aktivitas perserta didik dalam memperhatikan penjelasan guru siklus I sebesar 64,74% dan siklus II sebesar 86,16%, mengerjakan permasalahan yang diberikan siklus I sebesar 64,74% dan siklus II sebesar 87,95%, menuliskan dan menjelaskan penyelesaian masalah secara lisan siklus I sebesar 61,61% dan siklus II sebesar 88,40%, menyimak penyelesaian masalah dan memberikan tanggapan siklus I sebesar 62,50% dan siklus II sebesar 87,50%, terlibat aktif dalam diskusi kelompok siklus I sebesar 63,40% dan siklus II sebesar 87,06%, menuliskan kesimpulan siklus I sebesar 63,40% dan siklus II sebesar 86,61%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukkan rata – rata 63,14 dengan ketuntasan klasikal sebesar 46,43%, sedangkan pada siklus II mendapatkan rata–rata 84,82 dengan ketuntasan klasikal sebesar sebesar 89,29%. Jadi penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VIIIB MTs Darussalam Jombang dengan menerapkan teknik pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving.

 

Kata kunci: Penerapan Teknik Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving, Aktivitas Peserta Didik, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amri, S. dan Ahmadi, Iif Khoiru. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran.Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Benham, H. 2009. Using “Talking Aloud Pair Problem Solving” To Enhance Student Performance In Productivity Software Course. Issues In Information Systems. Vol X No1 : 150-154. Tersedia di http://iacis.org/iis/2009/P2009_1250.pdf(Diunduh 10-02-2016, jam 8.35).

E. Barkley, Elizabert, dkk. 2012. Collaborative Learning Techniques: Teknik – Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Nusa Media.

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Hamalik, Oemar. 2004. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta PT Bumi Aksara

Nadhiroh, Rahmawati Ismi. 2015. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) pada Peserta Didik Kelas X SMK Brawijaya Mojokerto.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2009. Penliaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suhendar, Narlan . 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman KonsepMatematik Siswa Dengan Metode Pembelajaran Thinking Aloud PairProblem Solving (TAPPS). (online), tersedia dihttp://repository.uinjkt.ac.id /, diunduh tanggal 25 April 2016 jam 20.29. Skripsi yang dipublikasikan.

Trianto. 2012. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research)Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Warsono, Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif Teori & Assemen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama

Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Mustoinah, Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang:STKIP PGRI Jombang

Rochaini, Een dan Safiil Maarif. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SEKUENSIAL ABSTRAK DAN ACAK ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Irfianti, Rizki. 2019. PENERAPAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i2.1307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/