PENERAPAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V MI SABILURROSYAD JOLOTUNDO TAHUN AJARAN 2018/2019

Siti Maisaroh

Abstract


Penelitian ini dimulai dari observasi awal peneliti terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Sabilurrosyad Jolotundo. Peneliti menemukan beberapa masalah dalam pengamatan tersebut diantaranya beberapa siswa masih mengalami kesulitan pada materi menghitung volume bangun ruang dan siswa tidak dapat menyelesaikan soal apabila diberikan soal yang sedikit berbeda dari yang dipelajari. Peneliti mencoba melakukan pembelajaran dengan penerapan Systematic Approach to Problem Solving untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Systematic Approach to Problem Solving dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi bangun ruang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus pertama terdiri dari 2 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Sabilurrosyad Jolotundo tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Systematic Approach to Problem Solving dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V MI Sabilurrosyad Jolotundo dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Aktivitas guru dari setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 ketercapaian persentase sebesar 75% dengan kriteria cukup menjadi 91,65% pada siklus 2 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 67,72% dengan kriteria cukup menjadi81,17% pada siklus 2 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal sebesar 66,67% menjadi 80,56% pada siklus 2.

 

Kata kunci: Systematic Approach to Problem Solving, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Hariyanto dan Suyono. (2012). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.

Novriadi. (2010). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Problem Solving) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Kampar Kabupaten Kampar. Pekanbaru, Indonesia: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Dari NetRepository, (online), (http://repository.uin-suska.ac.id/11409/1/2010_2010333PMT.pdf), diakses pada tanggal 15 November 2018.

Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.

Yetri. (2013). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Darul Ihsaniah Muara Musu Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Pekanbaru, Indonesia: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Dari NetRepository,(online),(http://repository.uinsuska.ac.id/8851/1/2013_20131035PGMI.pdf ), diakses pada tanggal 15 November 2018.

Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama

Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Mustoinah, Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang:STKIP PGRI Jombang

Rochaini, Een dan Safiil Maarif. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SEKUENSIAL ABSTRAK DAN ACAK ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Irfianti, Rizki. 2019. PENERAPAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i2.1308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/