HUBUNGAN AKTIVITAS PADA MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Ahmad Wido Prasetyo, Ririn Febriyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Sultan Agung Tebuireng. Data dikumpulkan dengan instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar dan dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh  sebesar 0,791  sebesar 0,329 dan Sig = 0,000  0,005 maka ditarik simpulan terdapat hubungan antara aktivitas pada model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan hasil belajar matematika siswa.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Group Investigation, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Dimyati., & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Indonesia: PT Rineka Cipta.

Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Pedoman Guru Dan Calon Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slavin, E. Robert. (2005). Cooperatif Learning: Teori, Tiset dan Praktik (Zubaedi, Ed.) Bandung, Indonesia: Nusa Media.

Sudjana, Nana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung Indonesia: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung, Indonesia: CV Alfabeta.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta, Indonesia: Prestasi Pustaka Publisher.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.

Suherman, Erman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta, Indonesia: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama

Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Mustoinah, Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang:STKIP PGRI Jombang

Rochaini, Een dan Safiil Maarif. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SEKUENSIAL ABSTRAK DAN ACAK ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Irfianti, Rizki. 2019. PENERAPAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i2.1310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/