HUBUNGAN AKTIVITAS PADA MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Sultan Agung Tebuireng. Data dikumpulkan dengan instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar dan dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh sebesar 0,791 sebesar 0,329 dan Sig = 0,000 0,005 maka ditarik simpulan terdapat hubungan antara aktivitas pada model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Group Investigation, Hasil Belajar Matematika
Full Text:
PDFReferences
Dimyati., & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Indonesia: PT Rineka Cipta.
Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Pedoman Guru Dan Calon Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slavin, E. Robert. (2005). Cooperatif Learning: Teori, Tiset dan Praktik (Zubaedi, Ed.) Bandung, Indonesia: Nusa Media.
Sudjana, Nana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung Indonesia: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung, Indonesia: CV Alfabeta.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta, Indonesia: Prestasi Pustaka Publisher.
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.
Suherman, Erman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta, Indonesia: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang
Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama
Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang
Mustoinah, Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang:STKIP PGRI Jombang
Rochaini, Een dan Safiil Maarif. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SEKUENSIAL ABSTRAK DAN ACAK ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang
Irfianti, Rizki. 2019. PENERAPAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i2.1310
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/