PENGGUNAAN ALGORITMA RECURSIVE LARGEST FIRST DALAM PENJADWALAN MATA PELAJARAN DI MTS AL-HIKMAH JANTI JOGOROTO JOMBANG

Safiil Maarif, Esty Saraswati Nur Hartiningrum, Abiyyu Khuzaimah

Abstract


Membuat jadwal pelajaran merupakan salah satu tugas yang harus dikerjakan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum setiap awal tahun pelajaran.  Pembuatan jadwal akan menjadi masalah ketika jadwal yang disusun tidak dapat diselesaikan sebelum kegiatan efektif sekolah. Selama jadwal pelajaran belum selesai disusun maka kegiatan belajar mengajar di sekolah kurang efektif. Jadwal yang dibuat pada awal tahun pelajaran harus bersifat efektif agar tidak terjadi perubahan-perubahan jadwal yang memiliki banyak kendala seperti menyesuaikan hari dengan permintaan guru dan lain sebagainya. Untuk mengatasi permasalahan dalam pembuatan jadwal, salah satu solusi yang bisa digunakan yaitu menggunakan algoritma Recursive Largest First. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan aplikasi algoritma Recursive Largest First dalam pembuatan jadwal pelajaran di MTs Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Jenis penelitin ini adalah penelitian kualitatif. Intrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan pedoman dokumentasi sebagai instrumen pendukung. Adapun Cara membuat jadwal pelajaran menggunakan algoritma Recursive Largest First adalah Siapkan nama-nama mata pelajaran serta alokasi waktu mata pelajaran, Siapkan kesediaan hari guru mengajar, Buatlah matriks keterkaitannya, Buatlah gambar grap sesuai dengan matriks keterkaitkan, Terapkan algoritma Recursive Largest First untuk mewarnai titik-titik pada grap dengan cara : Urutkan titik-titik di G dalam derajat menurun; Gunakan warna pertama (misal warna 1) untuk mewarnai titik pertama (yang mempunyai derajat tertinggi (v1) dan titik yang tidak berhubungan dengan v1); Gunakan warna kedua untuk mewarnai titik dengan derajat tertinggi berikutnya; Ulangi langkah 3 di atas sedemikian hingga semua titik di G telah terwarnai, Gambar grap yang telah diwarnai menggunakan algoritma Recursive Largest First. Dalam penelitian ini, dapat peneliti simpulkan bahwa Membuat jadwal pelajaran dengan menerapkan algoritma Recursive Largest First lebih baik dari pada membuat jadwal pelajaran dengan cara manual karena algoritma Recursive Largest First dapat mengatasi jadwal yang kres antara guru satu dengan guru yang lain

Kata kunci: Jadwal Pelajaran, Algoritma Recursive Largest First, Graph

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Budayasa, I Ketut. 1997. Matematika Diskrit. Surabaya:UNESA University Press.

Budayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya:UNESA University Press

Munir, R. 2003. Matematika Diskrit edisi Kedua. Bandung: Informatika

Moleong, L J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munir, R. 2008. Struktur Diskrit. Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i1.2557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Safiil Maarif, Esty Saraswati Nur Hartiningrum, Abiyyu Khuzaimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/