PEMANFAATAN ENVIRONMENT GARBAGE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII-J SMP NEGERI 1 JOMBANG
Abstract
Berdasarkan pengalaman, konsep operasi bilangan bulat sangat sulit untuk dipahami oleh siswa, karena pembelajaran yang dilakukan tidak menggunakan media pembelajaran, Pembalajaran hanya berpusat pada guru. Agar pembelajaran matematika lebih bermakna guru dalam pembelajaran mengaitkan materi yang diajarkan dengan dunia nyata yaitu dengan garb- ment dalam mempelajari materi bilangan bulat yang artinya kegiatan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar. Instrumen yang digunakan penyebaran angket dan evaluasi. Pemanfaatan media garb- ment dapat meningkatkan hasil belajar materi bilangan bulat dan menumbuhkah motivasi. Hasil analisis aktivitas siklus I dengan rata- rata skor 72,66, siklus II 86,72 ada kenaikan 14,06 sedangkan hasil rata- rata evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan 4,06 dengan ketuntasan siklus I 78,13% (25 siswa) dan siklus II 90,62 (29 siswa) ada kenaikaan 12,49% dengan hipotesis yang diajukan yaitu pemanfaatan media garbages environment dapat meningkatkan hasil belajar
Kata kunci: Garb-ment, hasil belajar, bilangan bulatFull Text:
PDFReferences
Abdusysyakir, 2007. Ketika Kyai Mengajar Matematika. Malang: UIN Malang Press
Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press
Dimyati dan Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
Soleh, M. 1998. Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudjana. 2001. Media Pengajaran. Bandung . Sinar Baru Algentindo
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i1.2570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sarmin .

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/