PENERAPAN TEKNIK NAPIER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN

Eka Setia Ningrum

Abstract


Keterampilan melakukan operasi hitung perkalian merupakan salah satu keterampilan matematika yang harus dikuasai siswa sekolah dasar. Namun, siswa SDN Genukwatu 1 Ngoro Jombang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian. Hal ini dapat terlihat dari hasil tes pembelajaran awal (pra siklus) dari 25 siswa hanya 5 siswa atau sebesar 20% yang mencapai ketuntasan belajar. Penelitian ini merupakan  Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung perkalian pada siswa kelas IV SDN Genukatu 1 Ngoro. Dalam pelaksanaan analisis, kegiatan utamanya adalah mengolah angka-angka (skor) menjadi nilai. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Genukwatu 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang semester I tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar kerja kelompok, soal tes individu untuk siklus I, dan II, sedangkan teknik analisa datanya menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus (siklus I dan siklus II). Dari analisis data didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sampai siklus I, dan siklus II. Kondisi awal rata-rata nilai 54,5 dengan siswa yang tuntas belajar sebesar 20%, siklus I rata-rata nilai 64,4 dengan siswa yang tuntas belajar sebesar 60%, dan pada siklus II rata-rata nilai 78 dengan siswa yang tuntas belajar sebesar 84%. Dengan demikian terbukti bahwa Teknik Napier dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung perkalian

Kata kunci: Hasil Belajar, Operasi Hitung Perkalian, Teknik Napier


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(1), 1–19.

Anggraeni, S. W. (2018). PENGGUNAAN MEDIA TABEL TULANG NAPIER DALAM UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v2i1.200

Apriyani Arifin. (2013). Dengan Batang Napier Perkalian Menjadi Mudah. Https://Www.Kompasiana.Com/Apriyanti.Arifin/5530023d6ea8348a078b4569/Dengan-Batang-Napier-Perkalian-Menjadi-Mudah.

Arikuanto. (2014). Metode Deskriptip Kuantitatif. 1(69), 5–24.

Arsyad, R. Bin. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DAN TEKNIK NAPIER PADA SISWA KELAS IV B SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA SORONG. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2). https://doi.org/10.33506/jq.v5i2.256

Budi Mulyana. (2017). Perkalian dengan Menggunakan Tulang Napier. Https://Sdgurukelas.Blogspot.Com/2017/02/Perkalian-Dengan-Menggunakan-Tulang.Html.

detik.com. (2020). Kapan Sebenarnya Corona Pertama Kali Masuk RI? Https://News.Detik.Com/Berita/d-4991485/Kapan-Sebenarnya-Corona-Pertama-Kali-Masuk-Ri.

Engel. (2014). Pembelajaran Daring. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 13–61.

Leux, C., Colonna, M., Guizard, A. V., Uhry, Z., Velten, M., Ganry, O., Schvartz, C., Grosclaude, P., & Molinié, F. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Bersusun Ke Bawah Dengan Media Papan Napier Pada Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Iii Sd Dapuan Surabaya. Revue d’Epidemiologie et de Sante Publique, 57(6), 403–410.

Malalina, M. (2019). Pemanfaatan Batang Napier untuk menghitung Operasi Perkalian dan Pembagian. Jurnal Pengabdian Barelang, 1(02), 17–23. https://doi.org/10.33884/jpb.v1i02.1053

Putri, P. O. (2019). PEMANFAATAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER DALAM PEMBELAJARAN OPERASI PERKALIAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Academy of Education Journal, 10(01). https://doi.org/10.47200/aoej.v10i01.269




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i1.2571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eka Setia Ningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/