PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Durotul Amala, Sari Saraswati

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model  problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmetika sosial. Rancangan penelitian ini menggunakan posttest only control design. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 39 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5% diperoleh .  Hal ini berarti bawa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Aritmetika Sosial

Full Text:

PDF

References


Amir, T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Destianingsih, E., Pasaribu, A., & Ismet. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1–6.

FITRI, N. M. A., Adhirakasiwi, A., & Utami, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Smp dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial. Prosiding Sesiomadika, 1(1a)., 1, 295–302.

Mariam Marlina, S., Setiawan, W., Al -Barokah Sindangkerta, S., Cikadu Kecamatan Sindangkerta, D., Bandung Barat, K., Siliwangi Bandung, I., & Terusan Jendral Sudirman, J. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. 05(03), 2373–2384.

Noor, A. J. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (3), 250-259.

Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). PengaruhModel Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matemayis Siswa VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Simatupang, R., & Surya, E. (2017). Pengaruh Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 3, 611–623.

Sri Elita, G., Habibi, M., Putra, A., Nelpita Ulandari, dan, Studi Pendidikan Matematika, P., Agama Islam Negeri Kerinci Jalan Pelita, I. I., Penuh, S., Gedang, S., Kunci, K., Pemecahan Masalah Matematis, K., Metakognisi, P., & Based Learning, P. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis The Effect of Problem Based Learning with Metacognition Approaches on Mathematical Problem Solving Skill. 8(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Supiandi, M. I., Pendidikan, J., Persada, B.-S., Sintang, K., & Barat, K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i1.2573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Durotul Amala, Sari Saraswati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/