PENERAPAN SMART EDU DR. HENDRIK’S METHOD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Elok Dwi Kristantie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa SD melalui penerapan Smart Edu Dr. Hendrik’s  Method. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri Jelakombo 2 sebanyak 40 siswa. Instrumen penelitian ini adalah le,bar onservasi aktivitas siswa, angket, dan tes. Penelitian ini merupakan PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keberhasilan proses pembelajaran dilihat dari : 1) respon siswa terhadap proses pembalajaran meningkat, 2) ketuntasan hasil belajar siswa secara individu minimal (KKM) mencapai ≥ 73. Hasil penelitian ini menunjukkan dari pengamatan guru selama kegiatan belajar mengajar berlangsung keseriusan siswa mendengar penjelasan guru skor pada siklus 1 sebesar 89 % dan pada siklus 2 mencapai 91,5 %, selama pembelajaran keaktifan siswa bertanya jawab dengan guru skor pada siklus 1 sebesar 85 % dan pada siklus 2 mencapai 93%, sedang skor sikap siswa pada siklus 1 sebesar 87,5%, pada siklus 2 mencapai 92,5%. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 72,6% dengan nilai rata-rata 70 dan pada siklus 2 mencapai 93,6% dengan nilai rata-rata 90. Ketuntasan individu ≥ 73. Dari data tersebut artinya pada siklus 2 dengan menerapkan Smart Edu Dr. Hendrik’s Method motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada siswa kelas 5 SD Negeri Jelakombo 2 mengalami peningkatan.

Kata kunci: Smart Edu Dr. Hendrik’s Method, motivasi, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas. (2009). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Nasional.

Anjani Ayu, Syafitri. H.G, dkk. (2020). Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 4, Nomor 1, https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Ansori, H., & Sutresna, W. B. O. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Vii Smp Negeri Alalak Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4630

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Dr. Hendrik. (2019). Rahasia Anak Pintar Dengan Cepat Seri 1 Bandung Smart Edu Dr.Hendrik’s Method

Emda Amna. (2017) . Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Volume 5, Nomor 2, https://jurnal.ar-rainny.ac.id

Hasnawiyah. (1994). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak, Jurnal ar rainy, Volume IV, Nomor 1, https://jurnal.ar-raniry.ac.id

Indah Nursuprianah dan Ninis Hayatun Nisa, “Pengaruh Pemahaman Konsep Aritmatika Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ketanggungan Kab. Brebes)”, Jurnal Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiayh IAIN Syekh Nurjati Cirebon, vol. 2 no. 2.

Purbosari Paramitta, dkk . (2020). Pemahaman Konsep Matematika Dalam Materi Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Sugihan 01. Jurnal Dikdas Bantara, Volume 5, Nomor 1. https://journal.univetbantara.ac.id/indev,php/dikdasbantara

Ruseffendi. 1993. Pendidikan Matematika 3. Jakarta : Depdikbud.

Suyono, dan Hariyanto.(2015). Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsono. 2004. Akselerasi Intelegensi : Optimalkan IQ, EQ, dan SQ secaraIslam. Depok : Inisiasi Press.

Sholehah, S.H., dkk. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, Volume 23, Nomor 3, https://ejournal.undiksha.ac.id




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i2.2761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Elok Dwi Kristantie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/