PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN LINGKARAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA- 5 SMA NEGERI 3 JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan daya serap peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan LKPD pada materi pokok Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA-5 di SMA Negeri 3 Jombang; 2) Apakah model pembelajaran Advance Organizer menggunakan LKPD dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA-5 di SMA Negeri 3 Jombang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 diperoleh data dari nilai belajar materi Persamaan Lingkaran menerapkan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan LKPD pada pertemuan sebelumnya yang kemudian dirata-rata. Yaitu prosentase ketuntasan klasikal hanya 66,67% dengan rata-rata kelas sebesar 77,48. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada tiap siklusnya. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini di antaranya adalah nilai minimal mencapai 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Setelah dilaksanakan tindakan melalui model pembelajaran Advance Organizer menggunakan LKPD, sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata kelasnya naik menjadi 81,73 dengan prosentase ketuntasan klasikal menjadi 87,88%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah, pada khususnya tenaga pengajar matematika di SMA untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran Advance Organizer dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar peserta didik..
Kata kunci: Lingkaran, Pembelajaran Advance Organizer, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono, Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar, Jakarta: Depdikbud dan PT Rineka cipta. 2003
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas Cetakan Ketiga, Jakarta : Bumi Aksara
Hidayat, Nurul, Model Pembelajaran Advance Organizer,http://aryeshidayat.blogspot.com. diunduh tanggal 16 Oktober 2022
Ibrahim bin Ismail, Syeh, Syarah Ta’limul Muta’alim, Semarang: Pustaka Al Alawiyah.2009
Joyce, Bruce dan Weil, Marsha, Models of Teaching (model-model pengajaran),Yogyakarta: Pustaka pelajar. 2009.cetakan I Berbahasa Indonesia.
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008
Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Trianto.2009. Mendesain Model Pem-belajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-lembar-kerja-peserta-didik.html diunduh Tanggal 16 Oktober 2022
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i2.2764
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Prayitno .

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/