ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA KELAS XII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA kelas XII dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan subjek sebayak 3 peserta didik dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pemberian tes kemampuan matematika kepada peserta didik SMA kelas XII guna mengetahui kemampuan matematika yang dimiliki oleh peseta didik. Peneiti menggunakan trianguasi waktu yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data yang didapatkan. Hasil dari penelitian menunjukkan subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu menggunakan dan menjelaskan ide dengan lancar, mampu mencari alternatif atau arah-arah yang berbeda, mampu menggunakan cara yang tidak lazim, dan mampu memberikan penyelesaian secara terperinci. Subjek dengan kemampuan matematika sedang mampu menggunakan ide dengan lancar, mampu mencari alternatif atau arah- arah yang berbeda, dan mampu menggunakan cara yang tidak lazim serta mampu memberikan penyelesaian meskipun tidak secara terperinci sangat. Subjek dengan kemampuan matematika rendah kurang mampu menjelaskan ide yang digunakan dengan lancar, tidak memiliki alternatif atau arah-arah yang berbeda, dan mampu menggunakan cara yang tidak lazim dalam menyelesaikan serta tidak mampu memberikan penyelesaian secara terperinci
Kata kunci: Berpikir Kreatif, Kemampuan Matematika, Teori Munandar
Full Text:
PDFReferences
Fatmawiyati, Jati. (2018). Telaah Kreativitas. Surabaya. Universitas Airlangga. Dari Fatmawiyati, (Online), https://www.researchgate.net/publication/ 328217424, diunduh 7 Maret 2021
Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahyan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negrei 1 Kepahiang Tentang Bangun Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele. Disertai tidak diterbitkan. Bengkulu, Indonesia. Universitas Bengkulu
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: PT REMAJA ROSDAKARYA
Nissa, Ita Chairun. 2015. Pemecahan Masalah Matematika. Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Duta Pustaka Ilmu. Dari Ita, (online), (https://www.researchgate.net/publication/339627797_PEMECAHAN_ASALAH_MA TEMATIKA_Teori_dan_Contoh_Praktek), diunduh 27 Oktober 2020
Nurlaela, Luthfiyah, dkk. 2019. Strategi Belajar Berpikir Kratif (Edisi Revisi). Jakarta Utara, Indonesia: Pustaka Media Guru. Dari Luthfiyah, (online), (http://www.luthfiyah.com/2019/01/e-book-strategi-belajar-berpikir.html?m=1), diunduh 27 Oktober 2020.
Santoso, Fransiskus Gatot Iman.(2011).Mengasah Kemampuan Berpikir kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Pembelajaran Matematika dengan Berbasis Masalah.PROSIDING.(online), (https://eprints.uny.ac.id/73 76/1/p-21.pdf), diunduh 30 November 2020.
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i2.2765
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ikhlasul Ammal, Slamet Boediono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/