PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Fara Medina, Henky Muktiadji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ploso. Rancangan penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan design yang digunakan adalah The Matching-Olny Posttest-Only Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel, sampel pertama peserta didik kelas VII-E sebagai kelas eksperimen sampel yang kedua peserta didik kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika yang berbentuk uraian. Kesahihan instrument penelitian ini diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan uji hipotesis menggunakan program SPSS for windows versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis data dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Samples Test menunjukkan bahwa nilai  yaitu 0.002 < 0,05 yang berarti ditolak. Sehingga ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa antara kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung, Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ploso.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI), Hasil belajar matematika


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, K. E,. & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama..

Rozak, Abd dan Hidayati, Wiwin Sru. 2014. Pengolahan Data dengan SPSS. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. 2013. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Cintra Umbara




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i2.2766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fara Medina, Henky Muktiadji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/