PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MTS RADEN RAHMAT SELOREJO MOJOWARNO BERDASARKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler dapat meningkatkan siswa lebih aktif dan tanggung jawab siswa dalam bertindak, siswa yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler pramuka akan berkembang dalam hal pemikiran dan tindakan, serta mampu meningkatkan hasil belajar dibidang akademik, salah satunya matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar materi teorema pythagoras siswa kelas VIII MTs Raden Rahmat Selorejo Mojowarno berdasarkan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diakukan diperoleh hasil pengujian hipotesis dengan SPSS yakni hasil = 4,091. Dengan = 2,052 sehingga . Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh bahwa ditolak atau diterima. Peneliti menyimpukan bahwa “ada Perbedaan hasil belajar materi teorema pythagoras siswa kelas VIII MTs Raden Rahmat Selorejo Mojowarno berdasarkan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka” .
Full Text:
XMLDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.69
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/